Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat ini sedang mewabah Virus Corona atau COVID-19 yang sudah menyebar di berbagai negara termasuk di Indonesia. Virus ini menyebar begitu cepat setiap hari dan sudah banyak korbannya. Selain itu, COVID-19 juga menyerang manusia yang mempunyai daya tahan tubuh lemah. Maka dari itu, masyarakat Indonesia harus memounya daya tahan tubuh yang tinggi. Berikut tips meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Melakukan yoga

Kegiatan yoga akan membuat kamu menjadi lebih rileks dan juga bisa meningkatkan stamina. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi stres dan juga lelah.

  1. Memperbanyak makan sayur dan buah

Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah, cenderung tidak mudah sakit. Mengapa? Karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin

Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Selain itu, mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut seperti Echinacea, Morinda citrifolia atau buah mengkudu, Phylantus atau daun meniran, Mengandung vitamin B6, C, dan E.

  1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki dan jogging.

  1. Hindari rokok dan alcohol

Mengkonsumsi rokok dan alkohol secara berlebihan dapat merusak sistem daya tahan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.