Prospek Kerja Jurusan Kimia

Jurusan Kimia mempelajari tentang komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom, hingga molekul serta transformasi dan interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan di kehidupan sehari-hari. Setiap tahunnya jurusan Kimia memang sudah banyak sekali peminatnya, karena jurusan ini sudah memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan untuk para lulusan dari jurusan Kimia. Prospek kerja dari jurusan kimia itu sangatlah luas. Beberapa prospek kerja dari jurusan Kimia.

  1. Perusahaan Industri

Indonesia masih dalam tahap negara berkembang, jadi perindustrian di negara ini tumbuh dengan cepat. Sudah banyak industri yang membutuhkan dari lulusan dari jurusan Kimia, contohnya seperti Perusahaan farmasi, perusahaan tekstil, industri gas, perusahaan bahan bangunan, perusahaan kosmetik, perusahaan pertambangan, perusahaan perminyakan, dan perusahaan pertanian. Buat kamu yang ingin masuk ke jurusan Kimia, nantinya dapat bekerja pada bagian Quality Control, Produksi ataupun Research and Development Division.

  1. Lembaga Penelitian

Di Indonesia sudah banyak tersedia lembaga-lembaga penelitian yang tentunya sangat membutuhkan lulusan dari jurusan Kimia. Lulusan dari jurusan Kimia nantinya bisa bekerja di LIPI, balai penelitian daerah, balai penelitian SDA, dan lembaga penelitian lainnya.

  1. Konsultan atau Consultant Agency

Seorang konsultan juga memang sangat erat sekali hubungannya dengan seorang yang telah menjadi sarjana. Namun dalam hal yang seperti ini harus sesuai dengan bidangnya yang telah dikuasainya tersebut. Terutama dalam hal ini adalah dalam bidang kimia. Sehingga perusahaan-perusahaan tersebut termasuk perusahaan yang telah banyak juga membutuhkan orang yang masuk jurusan kimia untuk bekerja sebagai seorang Konsultan atau Consultant Agency.

  1. Quality Assurance

Lulusan dari jurusan Kimia memiliki prospek kerja yang sangat luas didalam divisi Quality Assurance atau QA. Disini kamu akan bertugas mengecek kualitas produk yang telah dijalankan dibagian QC. Selain itu, di posisi ini pun kamu akan memiliki gaji yang sangat besar, karena kamu bertugas mengawasi semua proses produksi termasuk memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan.

  1. Analis Laboratorium

Mahasiswa Kimia mungkin terlihat seperti tipe introvert yang suka belajar dengan berbagai buku tebal termasuk sering berhubungan dengan laboratorium. Salah satu jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus yaitu menjadi analis laboratorium. Dari hal tersebut memang sudah banyak sekali industri yang membutuhkan seorang analis laboratorium dengan gaji yang cukup besar.

  1. Analis Kredit

Lulusan dari jurusan Kimia juga bisa bekerja dalam tim perusahaan di bagian Analis Kredit yang bekerja sama dengan lulusan dari jurusan Ekonomi. Posisi Analis Kredit sangat membutuhkan lulusan dari jurusan Kimia untuk menganalisa kebutuhan alat, bahan dan efisiensi produk

  1. Pengajar

Kalau kamu memang suka mengajar atau mengabdikan diri di dunia pendidikan, kamu bisa menjadi seorang guru atau dosen di bidang Kimia. Namun, kamu harus menyelamatkan pendidikan dengan nilai yang memuaskan. Menjadi guru atau dosen juga mewajibkan untuk lulus pendidikan sampai jenjang S2.

Seluruh siswa dan siswi yang belajar di Edulab, akan mendapatkan konsultasi jurusan. Saat konsultasi tersebut, mereka bisa konsultasi mengenai jurusan yang akan dipilih di PTN yang diinginkan. Selain itu, dari pihak Edulab juga akan member tahu prospek kerja dari jurusan-jurusan yang diminati oleh para siswa dan siswi tersebut. Dari hal tersebut, agar para siswa dan siswi saat masuk ke jurusan yang dipilih sudah mengetahui prospek kerja yang akan mereka kerjakan setelah lulus nanti.

Sumber: renesia.com dan faktakampus.com