Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat mempelajari ilmu tentang peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat dengan cara melakukan pengorganisasian di masyarakat. Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu medis dan ilmu sosial. Selain itu, belajar bagaimana menghitung besaran distribusi penyakit di suatu wilayah, menghitung kondisi kesehatan secara kuantitatif, menganalisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, faktor kesehatan dan keselamatan kerja. Di jurusan ini juga akan mempelajari ilmu gizi, manajemen dan administrasi kebijakan kesehatan, melakukan penyuluhan kesehatan, serta akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kesehatan, tidak hanya teori tapi juga tentang praktek-praktek mewujudkan kesehatan. Dengan memilih jurusan ini, kamu tidak perlu takut apa yang kamu pelajari akan sia-sia. Ilmu Kesehatan Masyarakat masih sangat dibutuhkan.

  • Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat setelah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) dan nantinya bisa bekerja di bagian administrasi Kebijakan Kesehatan, baik di rumah sakit, klinik, ataupun asuransi kesehatan. Lulusan Kesehatan Masyarakat juga dapat berkarir sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di berbagai perusahaan, serta sebagai penyuluh kesehatan, peneliti dan pengajar di bidang kesehatan masyarakat. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat memang banyak diminati di Indonesia. Mengapa? karena yang memilih jurusan ini sebagian tertarik dengan prospek kerjanya yang menjanjikan.

Mahasiswa lulusan dari jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat ini bisa menjadi Staf Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Peneliti, Administrator Layanan Kesehatan, Bekerja di Bagian Promosi Kesehatan, Staf Gizi Kesehatan Masyarakat, Manajer Data Klinis, Peneliti Medikal, Manager Layanan Medis dan Kesehatan, Koordinator Riset Klinis, dan Promotor Kesehatan.