Perbedaan Jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan

Pada zaman sekarang sudah banyak masyarakat yang tahu, bahwa jurusan pertambangan dan perminyakan merupakan salah satu jurusan terfavorit, karena banyaknya eksplorasi dan pengembangan hasil bumi yang  membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Namun, seringkali beberapa masyarakat ada yang keliru mengenai pertambangan dan perminyakan. Beberapa masyarakat ada yang menganggap keduanya sama, padahal dari segi bahan studinya pun sudah berbeda.

Kenapa jurusan Teknik Pertambangan dengan Teknik Perminyakan harus dibedakan? Karena ada perbedaan mendasar antara kedua jenis material ini, termasuk cara pencarian dan cara pengolahannya meskipun sama-sama ditambang dari dalam bumi. Jurusan Teknik Perminyakan sangat mirip seperti jurusan Teknik Pertambangan, yang berbeda hanyalah jenis bahan yang ditambang. Berikut perbedaan jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Pertambangan.

  • Jurusan Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan adalah jurusan yang akan mempelajari cara menambang mineral berharga yang bersifat cair (fluid) seperti minyak bumigas alam dan panas bumi. Di luar negeri jurusan Teknik Perminyakan ini dikenal sebagai Petroleum Engineering. Proses penambangan yang nantinya dipelajari tidak hanya cara mem-bor sumur minyak saja, tetapi mencakup tahapan Survey, Studi Kelayakan Investasi, Pengeboran, Completion, Produksi dan Well Intervention. Di jurusan ini  juga mamiliki  sumber daya alam berbentuk fluida yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, sehingga Ilmu Perminyakan mempelajari bagaimana cara memperoleh minyak bumi, gas alam, dan uap panas untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi. Uap panas dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Geothermal).

  • Jurusan Pertambangan

Teknik Pertambangan adalah jurusan yang akan mempelajari proses penambangan mineral berharga yang bersifat padat, seperti batu bara, besi, aluminium, emas, perak, platina, timah, dan berbagai jenis bahan tambang lainnya, kecuali barang tambang yang bersifat cair seperti minyak bumi, karena itu akan menjadi bagian dari jurusan Teknik Perminyakan.

Mau tau informasi jurusan lainnya? Kalian bisa langsung nonton videonya di youtube Edulab Indonesia yaa!