PT Kreasi Edulab Indonesia

Kuliah Didalam Negeri VS Kuliah Diluar Negeri

Kuliah Didalam Negeri VS Kuliah Diluar Negeri

  • Adaptasi

Jika kamu kuliah didalam negeri, kamu tidak akan mengalami perbedaan bahasa dan budaya yang signifikan. Hal ini akan sangat berbeda kalau kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Diluar negeri harus beradaptasi dengan tempat yang baru, lingkungan baru, bahasa, budaya dan keberagaman orang-orang di sekitar. Proses adaptasi ini akan melatih fleksibilitas, lebih terbuka dan berwawasan luas. 

  • Persiapan Mental

Kesiapan mental juga adalah faktor yang harus dipertimbangkan. Jika kamu kuliah didalam negeri, sekalipun harus berpisah dari orang tua dan keluarga, tetapi masih terbilang “dekat dari rumah” sehingga bisa pulang kapan saja. Selain itu, kalau kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, harus mempersiapkan mental, karena berada sangat jauh dari orang tua.

  • Peluang kerja

Lulusan perguruan tinggi dalam negeri cenderung memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk berkarir di negara lain sejak awal kelulusan. Sementara jika kamu lulusan luar negeri, akan mempunyai kesempatan untuk berkarir di negara tempat berkuliah.

  • Pengembangan diri

Menuntut ilmu di tempat yang jauh serta menetap di lingkungan yang benar-benar asing akan membuat dirimu berkembang. Kualitas pendidikan dan kurikulumnya juga akan membuat lebih kompetitif. Bukan berarti kamu tidak akan berkembang jika memilih untuk melanjutkan studi di dalam negeri, hanya saya perkembangannya akan lebih signifikan jika kamu melanjutkan studi di luar negeri. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top