PT Kreasi Edulab Indonesia

Mungkin sebagian dari kamu sudah memilih jurusan Farmasi untuk menjadi salah satu pilihan untuk masuk kuliah. Apa sih pengertian jurusan Farmasi? Farmasi adalah jurusan yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini kamu akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Selain itu, kamu juga akan belajar cara mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Mempelajari Farmasi itu seru banget loh, mengapa? karena saat belajar Farmasi kamu jadi akan mengetahui penyebab dari suatu penyakit dan dapat menganalisis obat yang tepat, serta mengetahui bagaimana cara kerja obat tersebut. Di jurusan ini juga akan banyak kegiatan praktikumnya, sehingga bagi kamu yang menyukai praktikum lab akan merasa sangat menarik. Jurusan Farmasi juga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan tubuh manusia baik anatomi, fisiologi, patofisiologi, seperti ilmu biomedik, biologi sel dan molekuler, biokimia, patobiokimia, farmakologi, farmasi fisika, dan mikrobiologi.

  •  Mata Kuliah

Di Jurusan Farmasi mempelajari mata kuliah apa saja sih? Jadi di Jurusan Farmasi ini mempelajari mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia, Farmasi Fisika, Kimia Organik, Botani Farmasi, Farmasetika Dasar, Biokimia, Kimia Sintesis, Kimia Analitik, Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida, Biologi Sel dan Molekuler, Farmakologi Dasar dan Toksikologi, Farmakognosi, Analisis Fisikokimia, Fitokimia, Imunologi, Patofisiologi, Farmakologi Sistem Organ, Mikrobiologi Farmasi, Kosmetika, Farmasi Bahan Alam, Farmakologi Khemoterapetika, Bioteknologi Farmasi, Teknologi Formulasi Sediaan Steril, Analisis Biomedik, Radiofarmasi, Farmasi Forensik, Etnofarmasi, Parasitologi, Interaksi Obat, Analisis Farmasi, Farmakoterapi, Teknologi dan Formulasi Sediaan Solida, Stabilitas Obat, Biofarmasi, Farmasi Klinik, dan Pemodelan Molekul Obat.

  • Proses Pendidikan Profesi Apoteker

Lulusan dari jurusan farmasi ini biasanya disebut dengan ‘Farmasis’. Mahasiswa dan mahasiswi yang menyelesaikan perkuliahan di jurusan ini akan mendapat gelar A.Md.Far jika berasal dari jenjang D3 dan gelar S.Farm dari jenjang S1. Setelah membereskan kuliahnya, lulusan jurusan Farmasi ini bisa langsung melanjutkan ke pendidikan profesi apoteker.

Apa itu apoteker? Apoteker adalah orang yang memiliki dasar pendidikan dan keterampilan dibidang farmasi. Jadi seorang farmasis dapat menjadi apoteker dengan terlebih dahulu mengikuti pendidikan profesi Apoteker selama 1 tahun pembelajaran. Setelah lulus dari pendidikan profesi Apoteker akan mendapat tambahan gelar Apt (Apoteker). Seorang apoteker diberi wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan aktifitas kefarmasian. Tugas utamanya menurut UU kesehatan no. 36 tahun 2009 adalah meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

  • Karakteristik Orang Yang Masuk Farmasi

Orang yang cocok masuk Jurusan Farmasi memiliki karakteristik seperti suka pelajaran hitungan, tertarik dengan dunia kesehatan, mau melakukan hal baru, teliti, tidak gampang menyerah dan selalu bekerja keras.

  • Prospek Kerja

Saat ini persaingan kerja semakin tinggi. Melihat dari peluang atau prospek kerja untuk lulusan farmasi sangatlah luas, seperti instansi, perusahaan dan lembaga lain sangat membutuhkan lulusan dari jurusan farmasi.

Jadi lulusan Farmasi ini bisa bekerja di bidang farmasi industri, farmasi manajemen, pengusaha, peneliti farmasi, bekerja di perusahaan swasta seperti Kalbe Farma atau Kimia Farma, bisa bekerja di rumah sakit negeri ataupun swasta, di apoteker, dan di laboraturium klinik dan juga bisa bekerja di dunia pendidikan contohnya seperti mengajar mata kuliah yang ada di jurusan Farmasi, tetapi kalau kamu ingin mengajar harus membereskan S2 terlebih dahulu.

  • Universitas Yang Menyediakan Jurusan Farmasi

Perguruan tinggi negeri dengan jurusan farmasi terbaik yaitu di Universitas Hasanudin, Universitas Sumatra Utara, Universitas Andalas, Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga. 

Yuk nonton video informasi jurusan di Youtube Edulab Indonesia ya!

Scroll to Top