Tips Anti-Homesick Saat Kuliah di Luar Kota

Sebagian banyak anak rantau, pasti tidak lepas dari penyakit homesick. Bagi kamu yang pergi merantau untuk berkuliah diluar kota maupun di luar daerah, rasa rindu kepada orang tua dan keluarga memang selalu datang setiap hari. Terlalu sering mengalami homesick, kamu sudah menganggapnya sebagai rutinitas yang harus dinikmati. Berikut beberapa tips mengatasi homesick saat berkuliah di luar kota.

  1. Berkumpul dengan teman-teman

Saat kamu merasa sendiri, cobalah berkumpul dengan teman-teman. Hal tersebut memang terbukti sangat ampuh agar mengurangi rasa kesepian. Banyak teman membuat hari-hari kamu penuh kebahagiaan dan keceriaan. Sering berkumpul dengan teman-teman, kamu pun tidak akan lagi bersedih jauh dari orang tua dan keluarga.

  1. Mengikuti kegiatan mahasiswa

Cara yang lebih ampuh untuk mengatasi homesick yaitu harus sering menyibukkan diri di tanah rantau. Caranya, ikutilah kegiatan mahasiswa yang memiliki nilai positif untuk kedepannya, seperti mengikuti berbagai komunitas, panitia acara kampus atau terlibat dalam himpunan jurusan. Mengikuti hal tersebut selain mengatasi homesick juga bisa menambah kemampuan komunikasi serta menyalurkan bakat kamu.

  1. Berkunjung ke rumah saudara yang letaknya tidak jauh dari kampus

Sebagian besar perantau pasti mempunyai kerabat terdekat yang tinggal satu kota. Jangan ragu untuk berkunjung sehari sampai dua hari ke rumah mereka, agar bisa mengurangi rasa homesick kamu.

  1. Sering menelfon orang tua

Jangan lupa untuk menelfon orang tua dan berikan selalu kabar setiap harinya, hal ini akan mengatasi homesick kamu. Selain menelfon, cobalah untuk melakukan video call dengan orang tua kamu agar bisa saling melihat satu sama lain walaupun melalui video call.

  1. Memasang foto keluarga di kamar kosan

Memandangi foto keluarga yang terpajang di dinding atau meja kamar kosan, akan mengobati homesick kamu juga loh. Tidak hanya itu saja, ingat-ingat kembali momen sesaat sebelum foto itu diambil, bagaimana keluarga kamu berkumpul dan menghabiskan waktu untuk bercanda. Jika kamu tidak bisa bertemu dengan mereka, paling tidak ada foto mereka sedang tersenyum yang menggantikannya.

  1. Mencoba memasak makanan rumah

Anak rantau yang ingin makan masakan seperti di rumah, biasanya mereka menjadi seorang pemasak ulung saat sudah merantau. Menu apa saja yang sering dimasak oleh anak rantau? Makanan dengan resep khusus ala sang ibunda. Cobalah untuk meminta kirimin resep kepada ibu, agar bisa membuatnya sendiri di tempat kosan. Walaupun rasanya tidak terlalu sama dengan buatan ibu, yang penting saat kamu menyantapnya, seolah-olah ibu kamu sendirilah yang memasakkannya.

  1. Mengunjungi tempat indah di tanah rantau

Mencoba eksplorasi alam di sekitar tempat kampus kamu bersama teman-teman. Pasti banyak keindahan yang membuat kamu terkagum-kagum dan kamu pun akan merasa tidak sia-sia telah pergi jauh dari rumah dan meninggalkan segala kenyamanan. Selain itu, hal ini juga bisa membuat kamu agar tidak bosan dan jenuh loh.

Sumber: idntimes.com dan hipwee.com