Seputar Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum

Jurusan Psikologi itu terbagi ke dalam Saintek dan Soshum, tetapi mengikuti kebijakan sesuai kampus. Kalau ingin berkuliah di jurusan Psikologi, buat kamu anak IPA atau IPS bisa langsung memilih kampus yang sesuai dengan jurusan di SMA masing-masing. Diyakini bahwa Psikologi Saintek lebih kompleks dibandingkan dengan Psikologi Soshum, tetapi kalau memang mempunya minat pada analisis dan teori-teori dasar kelimuan khususnya tentang keterkaitan antara otak dan perilaku, kamu lebih cocok memilih jurusan Psikologi Saintek. Selain itu, jika kamu lebih tertarik pada aplikasi sosial, nah jurusan Psikologi Soshum yang cocok buat kamu. Apa bedanya Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum?

 

  • Mata kuliah Psikologi Saintek dan Soshum

Perbedaan di dalam jurusan Psikologi Saintek dan Soshum yaitu mata kuliahnya ternyata berbeda. Perkuliahan pada masing-masing kampus selalu mengikuti pada kurikulumnya sendiri, jadi memang tidak akan sama. Mata kuliah yang akan kamu terima saat kuliah di Psikologi Saintek contohnya seperti Biospikologi, Pengantar Neuropsikologi, Konsep Teknologi, Psikodiagnostika, Psikologi Kesehatan, Psikologi Klinis, Psikologi Eksperimen, dan Psikiatri. Psikologi Soshum mata kuliahnya lebih menekankan untuk mempelajari sosial humaniora, contohnya seperti Psikologi Sosial, Psikologi Komunikasi dalam Kerja, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan dan Olahraga, Psikologi Keluarga, Masalah Psikologi Remaja, Psikologi Perilaku Sosial, Psikologi Politik, Psikologi Konsumen dan Psikologi Arsitektur.

Ada beberapa mata kuliah yang sama diajarkan di jurusan Psikologi Saintek maupun Psikologi Soshum. Mata kuliah yang sama tersebut wajib diberikan pada mahasiswa agar dapat menyelesaikan kuliah, contohnya seperti mahasiswa Psikologi Saintek dan mahasiswa Psikologi Soshum wajib belajar Statistik, karena matakuliah ini dibutuhkan untuk membantu menyusun skripsi maupun laporan penelitian.

  • Universitas yang menyediakan Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum

Salah satu kampus dengan Psikologi Saintek berakreditasi A yaitu Universitas Padjadjaran. Mahasiswa Psikologi Unpad mempelajari tentang psikodiagnostik, perkembangan alat-alat Psikologi, serta berbagai pelajaran IPA yang lain. Selain di Universitas Padjadjaran ada beberapa PTN yang menyediakan Psikologi Saintek seperti Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas, dan Universitas Hasanuddin.

Universitas apa saja yang menyediakan jurusan Psikologi Soshum? Ternyata Universitas Indonesia adalah salah satu kampus dengan Psikologi Soshum. Mahasiswanya mempelajari seputar tingkah laku manusia, metode penelitian, dan berbagai keilmuan maupun teori Psikologi. Selain Universitas Indonesia, kamu bisa memilih Psikologi Soshum di Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sumatera Utara, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sumber: akupintar.id