Perbedaan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Sebagian masyarakat dan siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan masih kurang mengetahui informasi mengenai perbedaan jurusan Teknik Informatika dan jurusan Ilmu Komputer. Pada dasarnya, jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer berada dalam cakupan yang tidak berbeda, mulai dari segi teoretis hingga penerapannya. Ilmu yang dipelajari pun tidak jauh berbeda seperti algoritma, pemrograman, dan ilmu komputer lainnya baik secara teoretis ataupun praktis.

  • Jurusan Teknik Informatika

Berkuliah di jurusan Teknik Informatika pasti akan menguras logika. Selain itu, ada banyak mata kuliah yang bersangkutan dengan matematika, mengapa? Karena tujuannya untuk mengasah logika agar bisa menyelesaikan masalah. Seorang programmer harus pandai dalam hal logika, semua aplikasi yang kita temui pasti ada kaitannya dengan programming. Aplikasi dibuat untuk menuliskan sekumpulan perintah dalam bahasa pemrograman dan perintah tesebut diuraikan menjadi urut dan sistematis.

  • Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu komputer sebagai ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Jurusan Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak alogaritma sampai subyek yang lebih konkrit seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak dan perangkat keras. Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak.

  • Perbedaan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Sebenarnya perbedaannya hanya dari penamaan saja. Kedua jurusan tersebut mempelajari hal-hal yang sama, yaitu tentang mengasah logika hingga membuat program. Teknik Informatika atau Informatic itu merupakan sebuah jurusan yang sangat banyak tersedia di universitas yang berada di Eropa. Kalau jurusan Ilmu Komputer lebih ke arah ‘sains’-nya komputer, dimana akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, dan teori jaringan. Namun, di jurusan Ilmu Komputer juga membahas praktek dengan berbagai bahasa pemrograman. Skripsi atau tugas akhir yang dikerjakan di jurusan Ilmu Komputer membahas tentang sebuah teori atau algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya.

 

Sumber: hotcourses.com dan duniailkom.com