Perbedaan Saintek, Soshum dan Campuran

Apa sih perbedaan antara Saintek, Soshum dan Campuran? Jadi setiap tahun saat melaksanakan tes SBMPTN itu siswa dan siswi bisa memilih akan mengambil jurusan Saintek, Soshum atau Campuran. Perubahan aturan pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri cukup beragam. Salah satunya pendaftar harus mengikuti tes seleksi masuk PTN terlebih dahulu, lalu mendaftar di universitas, dengan berbekal nilai yang telah diperolehnya. Berikut informasi mengenai Saintek, Soshum dan Campuran.

A. SAINTEK
Saintek merupakan kepanjangan dari Sains dan Teknologi, yang biasa dikenal dengan “kelompok IPA”. Berikut beberapa contoh jurusan yang terdapat di kelompok Saintek :
– Kedokteran
– Teknik
– Farmasi
– Kimia
– Matematika
– Fisika

B. SOSHUM
Soshum merupakan singkatan dari Sosial dan Humaniora, yang biasa dikenal dengan “kelompok IPS”. Berikut beberapa contoh jurusan yang terdapat di kelompok Soshum :
– Ekonomi
– Ilmu Komunikasi
– Ilmu Politik
– Sastra
– Hubungan Internasional

C. CAMPURAN
Campuran adalah gabungan antara kelompok Saintek dan Soshum, contohnya seperti di SBMPTN nanti akan memilih pilihan pertama jurusan Kedokteran dan pilihan kedua jurusan Akuntansi. Dengan jurusan Kedokteran (Saintek) dan jurusan Akuntansi = Soshum, maka wajib hukumnya untuk mengambil kelompok Campuran.
D. TATA CARA PEMILIHAN PROGRAM STUDI/JURUSAN
Ada beberapa tahap untuk memilih program studi atau jurusan yang diminati di SBMPTN. Berikut ini adalah cara memilih program studi di SBMPTN:
1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut
3. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
4. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
5. Jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
6. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
7. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN mana pun.
8. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
Sumber: infomasukptn.com
tribunnews.com