Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian

Memilih jurusan yang tepat sangatlah penting untuk prestasi kamu di masa depan, karena akan membuat kamu terus termotivasi untuk mencapai yang terbaik dan menikmati apa yang sudah dilakukan. Para psikolog menyarankan sebaiknya mengenali diri sendiri terlebih dahulu sebelum memilih jurusan. Lalu kamu bisa memulai dengan memikirkan kembali apa yang kamu suka, apa kelebihan diri, keahlian yang dimiliki, dan karir seperti apa yang ingin kamu tekuni di masa depan nanti. Berikut beberapa jurusan kuliah sesuai dengan kepribadian.

  1. Teknik

Jika kamu selalu penasaran dengan semua hal teknis, seperti apa yang menyebabkan jarum jam berputar, kemudian berpikir bagaimana cara membuatnya sesuatu yang serupa atau lebih baik, kamu bisa memilih untuk masuk ke jurusan Teknik. Di jurusan Teknik sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki karakteristik seperti pemikir, pengamat, kreatif dan memiliki analis yang tinggi. Maka dari itu, pikiran kamu tidak akan pernah berhenti berputar dan bertanya mengapa bisa begini dan mengapa begitu.

  1. Bisnis

Karakteristik yang cocok di jurusan Bisnis yaitu seseorang yang aktif dan pintar bergaul. Buat kamu yang mudah berbaur dengan semua orang, tanpa peduli itu adalah teman sebaya atau dengan orang yang lebih tua. Kelebihan ini sangat dibutuhkan di dunia bisnis, dimana koneksi dan informasi itu sangat penting.

  1. Pendidikan

Di jurusan pendidikan untuk kepribadian orang yang senang membantu orang, termasuk membantu menjelaskan pelajaran kepada teman yang belum paham dan selalu tau cara untuk membuat teori yang rumit terdengar menjadi gampang. Selain itu, kepribadian untuk jurusan ini juga dikenal sebagai orang yang ceria dan ramah.

  1. Ilmu Politik

Karakteristik mahasiswa yang cocok masuk jurusan Ilmu Politik sudah seperti surat kabar berjalan, updated banget dengan semua isu politik, dari dalam negeri hingga luar negeri. Selain itu juga, selalu bisa memberikan pendapat dengan kritis. Terkadang bahkan mencoba memikirkan solusi untuk masalah yang sedang terjadi, kamu juga akan melakukan debat dan diskusi.

  1. Seni dan Teater

Mahasiswa jurusan Seni dan Teater harus selalu berani tampil di depan umum. Mahasiswanya sudah merasa kalau seni itu bukan sekedar seni, dan terkadang susah menjelaskan dengan kata-kata, tetapi lebih gampang menjelaskan dengan gambar, gerakan atau contoh. Jadi karakteristik mahasiswa di jurusan ini harus selalu berani tampil di depan umum atau orang banyak.

  1. Fashion dan Desain Interior

Karakteristik mahasiswa yang cocok di jurusan Fashion dan Desain Interior itu modis, sangat memperhatikan hal-hal mendetil, dan peka dengan estetika. Selain itu, selalu enjoy memadukan sesuatu sesuai dengan aliran, baik itu kontemporer, klasik, atau genre tertentu. Rata-rata mahasiswanya menyukai game The SIMS atau sejenisnya, dan PR kerajinan tangan selalu dikerjakan sendiri. Kalau sesuai dengan hal-hal tersebut, kamu akan menikmati karir di bidang fashion dan desain interior.

Sumber: hotcourses.co.id