Jurusan Terbaik Untuk Kamu yang Anak IPS

Mungkin kamu masih bingung memilih jurusan kuliah di bidang IPS atau SOSHUM. Sebenarnya jurusan kuliah untuk anak IPS itu sudah banyak sekali dan rata-rata disemua jurusan tersebut banyak diminati oleh anak IPS maupun IPA. Untuk anak IPA memang diperbolehkan lintas jurusan kalau melalui jalur tes SBMPTN. Maka dari itu jurusan kuliah SOSHUM sangat banyak sekali peminat dan persaingannya pun sangat ketat, karena bersaing juga dengan anak IPA yang berminat lintas jurusan mengambil jurusan kuliah di bidang IPS. Berikut beberapa pilihan jurusan kuliah terbaik di bidang SOSHUM.

  1. Hubungan Internasional (HI)

Hubungan internasional adalah salah satu jurusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Di universitas luar negeri, istilahnya bisa berbeda-beda, mulai dari International Studies, Internasional Relations hingga Global Affairs. Secara umum bidang ini mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu buat kamu yang berminat mengambi jurusan ini harus mengerti budaya, etika dan kebiasaan dari berbagai belahan di dunia. Lulusan jurusan ini sangat luas bidang pekerjaannya, salah satu contohnya bisa menjadi diplomat atau negosiator.

  1. Ilmu Komunikasi

Komunikasi mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien, efektif, mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Selain itu, tren dan teknologi selalu berkembang pesat, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah dan sehingga ilmu ini tiada ujungnya.

  1. Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan yang memiliki gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi untuk menghitung rugi laba dan hitungan tersebut dibuat menjadi sebuah laporan. Laporan tersebut selain untuk mengevaluasi kinerja perusahaan juga membantu menentukan strategi masa depan suatu perusahaan.

 

  1. Psikologi

Sebenarnya Jurusan Psikologi ini di kampus negeri ataupun swasta di Indonesia ada yang masuk dalam bidang SAINTEK atau SOSHUM. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk dalam segala aspek pengalaman manusia. Psikologi ini digambarkan sebagai “ilmu cabang”, Psikologi berkaitan ke riset dan perspektif dari ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, contohnya seperti filosofi. Lulusan psikologi pada umumnya dibutuhkan di bagian manajemen sumber daya manusia, tetapi tidak hanya terbatas itu saja, prospek kerja lulusan psikologi sangatlah luas.

  1. Bisnis dan Manajemen

Lulusan bisnis & manajemen banyak sekali dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan dan mengimplementasikan strategi.  Jika kamu berjiwa wirausaha dan ingin membuka usaha sendiri, jurusan ini sangat cocok buat kamu.

  1. Hukum

Jurusan hukum identik dengan jurusan yang keren dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan, tetapi kuliah di jurusan hukum memerlukan dedikasi yang besar, membutuhkan waktu berjam-jam untuk membaca, meneliti setiap kasus, hingga turun ke lapangan untuk melakukan riset. Selain itu, dibutuhkan daya ingat yang bagus untuk mengingat banyak detail seperti nama, tanggal, petunjuk-petunjuk penting lainnya. Harus tetap foku, teliti, dan berpikir cepat di bawah tekanan juga sangat penting untuk dapat sukses di jurusan ini.

  1. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu murni yang menganalisa masyarakat yang mempelajari banyaknya teori. Jurusan Sosiologi banyak melakukan praktik yang menganalisa perilaku masyarakat sesuai dengan topik yang diberikan. Lulusan Sosiologi dibutuhkan dalam banyak bidang, misalnya di instansi pemerintah, dimana sosiolog akan mengadakan riset dan hasil riset tersebut akan memberikan masukan bagi pemerintah mengenai kebijakan yang akan diterapkan di masa depan. Tidak hanya terbatas di bidang pemerintahan saja, sosiologi juga dibutuhkan untuk semua bidang yang bersangkutan dengan masalah-masalah sosial.

  1. Sastra

Lulusan sastra biasanya sangat mengerti arti tersembunyi di suatu percakapan, cerita ataupun perkataan, karena sastra mempelajari banyak ilmu, dan mengerti pikiran manusia, maka mempelajari banyak transferable skill. Jurusan Sastra ini memiliki pilihan kerja yang tidak terbatas dalam bidang sastra seperti penulis, penerjemah, atau pengajar. Sastra juga adalah salah satu perantara hiburan bagi manusia, baik itu berupa bacaan seperti novel, lagu, atau film-film yang diangkat dari suatu jaman sejarah, atau latar belakang.

Sumber: hotcourses.co.id