Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK

SMK yaitu singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan yang mempersiapkan para siswanya untuk siap bersaing dilapangan pekerjaan. Siswa di SMK memang bisa langsung bekerja setelah lulus dari sekolah tanpa harus melanjutkan ke jenjang ke Perguruan Tinggi. Pada zaman sekarang siswa dan siswi lulusan dari SMK sudah banyak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Berikut beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk anak SMK.

  1. Akuntansi

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu jurusan terfavorit dengan prospek kerja yang sangat luas. Setiap perusahaan negeri ataupun swasta di Indonesia maupun di luar negeri memerlukan lulusan akuntansi untuk menghitung untung dan rugi laba. Laporan tersebut digunakan untuk evaluasi perusahaan.

  1. Multimedia

Jurusan Multimedia ini berhubungan dengan pengembangan web, multimedia, permainan/game, dan produksi sinema sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai industri media seperti TV, radio, dan web desain.

  1. Marketing/Pemasaran

Jurusan ini memperlajari tentang cara mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan dan berfokus pada periklanan dan penjualan. Dengan perkembangan teknologi saat ini sudah meningkatnya popularitas media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube, dunia marketing sekarang ini sedang mengalami perubahan. Maka dari itu, kegiatan marketing atau pemasaran bisa dilakukan di media sosial untuk menarik pelanggan.

  1. Perbankan

Jurusan perbankan hampir sama dengan akuntansi, yaitu untuk membekali mahasiswanya dengan keahlian hitung-menghitung. Namun, jurusan Perbankan ini perbedaannya lebih mengarah pada kegiatan yang berhubungan dengan bank, seperti perhitungan uang, pembukuan, dan dokumentasi.

  1. Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik ini termasuk dari Fakultas Ilmu Komunikasi. Jurusan ini mempelajari seputar kegiatan mencari, mengolah, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak melalui media massa. Jurusan Jurnalistik juga akan mempelajari seputar teknik mencari, menulis, dan menyunting berita, dan bagaimana pula berita tersebut didistribusikan malalui berbagai media cetak dan elektronik.

  1. Animasi

Pada zaman sekarang dunia animasi sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Maka dari itu, jurusan Animasi sedang memperbanyak membuat karya tentang berbagai macam produk animasi yang menarik. Profesi sebagai animasi sering disebut sebagai animator. Seorang Animator memerlukan waktu berbulan-bulan hanya untuk menyelesaikan satu episode atau satu bagian film untuk membuat animasi di setiap adegan.

  1. Pariwisata

Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang berkaitan dengan manajemen destinasi, tour and travel, dan perhotelan. Para lulusan jurusan ini nantinya harus bisa memberikan pelayanan hospitalitas yang berkualitas. Selain itu, mahasiswanya harus memiliki ketertarikan pada kebudayaan Indonesia dan juga bisnis.

  1. Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi, dimulai dari surat-menyurat, pengarsipan, hingga tata cara dan etika kerja di kantor. Lulusan administrasi perkantoran dapat bekerja di perusahaan pemerintahan maupun swasta.

  1. Tata Boga

Jurusan Tata Boga mempelajari tentang teknik penyajian makanan dengan memperhatikan kualitas, rasa, estetika, dan kebutuhan gizi. Selain itu, kamu akan belajar mengolah berbagai hidangan yang unik dari berbagai daerah dan negara.

  1. Tata Busana

Jurusan Tata Busana mahasiswanya akan mempelajari tentang keahlian menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan, dan membuat pakaian. Selain itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana cara memasarkan produk, cara melihat trend fashion, menciptakan trend fashion, dan menggunakan teknologi untuk menyelesaikan karya fashion.