Beasiswa yang Tersedia di Perguruan Tinggi

Beasiswa adalah pemberian bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang sedang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pada zaman sekarang sudah banyak sekali beasiswa yang bisa kamu coba di Perguruan Tinggi, SMA dan bahkan di SMP. Sekarang ini, banyak sekali jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan di kampus, terutama bagi mahasiswa D3, D4 atau S1. Beasiswa juga tidak dikhususkan untuk orang yang kurang mampu saja, tapi semua orang bisa mencoba dan mendaftar beasiswa di Perguruan Tinggi masing-masing. Berikut macam-macam beasiswa yang tersedia di Perguruan Tinggi.

  1. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Beasiswa PPA 2019 dan BPP PPA 2019 ditujukan bagi mahasiswa aktif yang berkuliah di jenjang S1/D4 atau mahasiswa D3. Teknis beasiswa PPA 2019 – 2020 tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya yaitu seperti pendaftaran ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi. Penerima beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA akan memperoleh dana sebesar Rp 400 ribu/bulan. Beasiswa tersebut diberikan untuk pertamakalinya di periode tahun angggaran berjalan sekurangnya selama 6 bulan. Pengajuan beasiswa PPA dan BPP-PPA cukup mudah, karena mahasiswa bisa langsung mendaftar di kampus masing-masing.

  1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikhususkan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan. Beasiswa Bidikmisi akan menanggung biaya perkuliahan sampai lulus dengan syarat kelulusan tersebut harus tepat waktu. Beasiswa ini diselenggarakan sejak tahun 2010.

  1. Beasiswa BBM (Bantuan Biaya Mahasiswa)

Beasiswa Bantuan Biaya Mahasiswa (BBM) juga sama seperti beasiswa lainnya yaitu beasiswa ini disediakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, tetapi ditujukan untuk membantu ekonomi mahasiswa terlepas dari prestasinya. Beasiswa Bantuan Biaya Mahasiswa (BBM) tidak jauh berbeda dengan PPA, hanya memiliki syarat tambahan yaitu:

  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.5
  • Surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh lurah/kepala desa
  1. Djarum Beasiswa Plus

Djarum beasiswa plus adalah salah satu beasiswa kuliah yang populer di Indonesia. Djarum Foundation sudah berkontribusi di dunia pendidikan sejak tahun 1984. Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa kuliah yang diberikan untuk mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Penerima beasiswa kuliah yang satu ini sering disebut dengan Beswan Djarum. Beswan Djarum akan mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun sebesar Rp. 750.000 setiap bulan, dan juga mendapatkan berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan soft skill, seperti Nation Building, Character Building, Leadership Developmet, Competition Challenger, dan International Exposure.

  1. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan beasiswa Peduli Anak Bangsa yang dikhususkan untuk kuliah S1 bagi mahasiswa di PTN maupun PTS yang sudah memasuki semester dua. Beasiswa kuliah ini diberikan berupa uang sebesar Rp3.000.000 persemester. Uang tersebut akan diberikan hingga semester 8 perkuliahan. Persyaratan agar bisa mendapatkan beasiswa BCA Finance ini yaitu mahasiswa PTN memiliki IPK minimal 3.00 sedangkan PTS dengan IPK minimal 3.40 dan aktif  berorganisasi.

  1. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna Foundation adalah beasiswa yang diberikan oleh PT. HM Sampoerna Tbk, melalui Sampoerna Foundation. Beasiswa kuliah yang satu ini memiliki tujuan untuk membantu para pelajar di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi cemerlang. Salah satu kriteria yang diharapkan dari penerima beasiswa kuliah Sampoerna Foundation adalah pelajar yang memiliki semangat tinggi untuk membangun negeri. Selain itu, beasiswa ini akan memberikan biaya tidak hanya mencakup biaya kuliah penuh selama 4 tahun saja, tapi memberikan uang saku, buku dan juga tunjangan biaya internet.