5 Tips Memilih Universitas di Luar Negeri

Banyaknya peminat yang ingin berkuliah di Luar Negeri, semakin banyak juga yang bingung untuk memilih jurusan yang tepat di universitas di luar negeri. Sebenarnya, memilih jurusan yang tepat untuk kuliah di Luar Negeri bukanlah hal yang sangat mudah. Christie Tobing dari Education for New Zealend memberikan 5 hal utama yang perlu dipertimbangkan dalam membuat keputusan penting sebelum memilih dan masuk ke universitas di luar negeri. Berikut 5 tips memilih Universitas di Luar Negeri.

1. Kejar yang diminati

Setiap orang memiliki minat masing-masing tapi banyak juga siswa yang kehilangan kesempatan mengikuti minatnya karena lebih memilih program yang dapat menjamin karir. Program bisnis dan sains lebih banyak diminati, sedangkan program lain seperti musik dan kuliner kurang dilirik para siswa. Yang terpenting adalah kamu harus memilih program sesuai dengan minat, daripada memaksakan diri memilih program tidak sesuai dengan minat dan menjadi beban selama belajar di universitas.

2. Menentukan negara tujuan

Negara tujuan merupakan salah satu bagian terpenting yang harus kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Alasannya, karena setiap negara memiliki sistem dan keunikan masing-masing. Beberapa contoh faktor negara tujuan yang penting seperti biaya kuliah rata-rata universitas di negara tersebut, biaya hidup untuk mahasiswa, sistem pendidikan (beberapa negara mengharuskan calon mahasiswa internasional mengambil program penyetaraan agar ijazah mereka setara dengan sistem pendidikan di negara tujuan), medium bahasa (apakah memakai bahasa Inggris? atau bahasa asing lainnya seperti Jerman atau Korea), dan iklim

3. Belajar melampaui kurikulum

Belajar tidak harus selalu di dalam ruangan dan kamu tidak perlu membatasi pemikiran dengan peraturan-peraturan kuliah. Carilah program universitas yang memiliki fokus untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan berbasis industri praktis, pastinya ini akan menjadi sesuatu yang dapat dipertimbangkan. Banyak negara, seperti Selandia Baru, memiliki sistem pendidikan dengan pendekatan pengajaran yang inovatif dengan mengolaborasi teori dan praktik. Cobalah mencari program mata kuliah yang memperkenalkan kamu ke situasi kehidupan nyata sehingga memberi awal yang baik untuk terjun ke dalam sebuah industri.

4. Galilah lebih dalam dan lakukan penelitian

Untuk kamu yang baru menyelesaikan sekolah SMA, nantinya setelah lulus dan menjadi mahasiswa akan menjumpai mata kuliah yang masih asing bagi kamu. Bahkan kamu akan sering menjumpai mata kuliah yang benar-benar berbeda dari yang kamu bayangkan. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan penelitian dan mengenal lebih dalam program yang akan kamu ambil di Luar Negeri. Cari tahu lebih lanjut tentang durasi pembelajaran untuk mendapatkan gelar tersebut, lihat modul tercakup dalam setiap program yang akan kita ambil, dan identifikasi program yang paling diminati.

5. Sesuaikan kemampuan

Memilih kampus dan jurusan pun harus dilihat dari kemampuan dan minat bakat masing-masing. Kamu tidak bisa mengikuti orang lain atau paksaan dari orang lain untuk hal memilih kampus dan jurusan di Luar Negeri, agar kamu nantinya berkuliah dengan benar dan bisa menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Kampus seperti Oxford, Harvard, sampai Cambridge memiliki standar penilaian dan seleksi yang jauh lebih ketat. Apalagi kampus-kampus tersebut sudah dinobatkan sebagai salah satu kampus terbaik dunia. Untuk itulah, kamu juga perlu tahu seperti apa proses seleksi serta persyaratan yang perlu kamu penuhi, sebelum akhirnya memilih kampus yang kamu minati.

Sumber: edukasi.kompas.com
infokampus.news
hotcourses.co.id