5 PTN Terbaik Yang Menyediakan Jurusan Aktuaria

Apa sih Jurusan Aktuaria itu? Aktuaria adalah jurusan yang sudah lama terkenal di luar negeri. Di Indonesia dalam tiga tahun terakhir, informasi mengenai jurusan Aktuaria masih sangat terbilang sedikit. Kemenristekdikti sendiri bertujuan mengembangkan dunia Aktuaria dengan menugaskan pilot project Jurusan Aktuaria pada sembilan perguruan tinggi, lima diantaranya PTN terbaik yang menyediakan jurusan Aktuaria yaitu sebagai berikut :

  1. Institut Pertanian Bogor

Aktuaria IPB terdapat di Fakultas Matematika dan IPA, yang menerima mahasiswa baru pada tahun 2017. Mahasiswa Aktuaria IPB dikenal kuat dalam bidang Matematika, terutama dalam menduga risiko, memproyeksikan nilai akumulasi cash flow, menghitung present value, dan memahami teori Aktuaria.

  1. Universitas Indonesia

FMIPA Universitas Indonesia juga mempunyai Jurusan Aktuaria. Selain jalur tes, Aktuaria UI menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi juga loh. Misalnya kamu pernah mendapat penghargaan Olimpiade Sains, kamu bisa menggunakan prestasi itu untuk mengikuti seleksi masuk di Aktuaria UI.

  1. Institut Teknologi Bandung

Meskipun ITB telah memiliki program magister Aktuaria dari tahun 1998, program sarjananya baru dibuka tahun 2018. Untuk angkatan pertamanya, FMIPA ITB menerima 50 mahasiswa Aktuaria. Jika selama tahun berjalan ini permintaan dan kebutuhan untuk calon Aktuaris masih meningkat, bisa jadi tahun depan akan ada peningkatan dalam penerimaan mahasiswa baru Aktuaria ITB.

  1. Universitas Gajah Mada

Usia jurusan Aktuaria di UGM sama dengan Aktuaria ITB, baru dibuka pada tahun akademik 2018/2019. UGM sendiri mempunyai kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) untuk menghasilkan 1000 Aktuaris. Kerjasama tersebut tidak hanya berupa penyelenggaraan program perkuliahan Aktuaria saja, tapi juga ujian profesi dan sertifikasi Aktuaris.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Aktuaris ITS berada di Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD). ITS ini bekerja sama dengan University of Waterloo dalam penyusunan kurikulum Aktuarianya. Selain itu, keunggulan Aktuaria ITS juga mempunyai keunggulan di bidang asuransi bencana, asuransi syariah, dan asuransi kelautan.

 

Sumber: akupintar.id