10 Jurusan yang Memiliki Prospek Kerja Paling Menjanjikan

Memilih jurusan yang tepat merupakan suatu hal yang sangat membingungkan. Mengapa? karena harus sesuai dengan minat, bakat dan kamu harus memperhatikan apakah jurusan yang dipilih banyak dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini atau tidak. Memilih jurusan juga harus mencoba melihat tren yang sedang berkembang saat ini hingga nanti. Berikut beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja paling menjanjikan.

  1. Akuntansi, Bisnis dan Matematika

Permintaan untuk profesional akuntansi dan keuangan telah meningkat sebesar 44% dan akan tumbuh sebesar 22% pada tahun 2020. Jurusan akuntansi, bisnis dan manajemen masih memiliki peminat hingga saat ini. Selain itu, naiknya kebutuhan profesional jurusan matematika dan juga statistik sebesar 10% untuk tahun 2020. Matematika dan statistik secara kualitatif dan kuantitif telah menjadi sebuah kebutuhan dalam sektor bisnis dan keuangan terkait dengan pengolahan data di era digital yang semakin berkembang.

  1. Bisnis Digital dan Digital Marketing

Berkembangnya teknologi digital tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh para lulusan teknik informatika saja, tapi juga lulusan bisnis digital. Jurusan kuliah bisnis digital akan memfokuskan kamu untuk mempelajari bisnis dengan teknologi digital, mulai dari pemasaran internet, e-commerce, hingga marketing digital. Peluang kerjanya sudah tentu akan terbuka lebar, karena saat ini hampir seluruh perusahaan di Indonesia, bahkan dunia selalu mengembangkan bisnis mereka secara digital atau online.

  1. Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual atau DKV merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan dan sangat cocok untuk kamu yang memiliki bakat seni. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang seni desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, dan hal-hal yang berkaitan dengan seni rupa. DKV menggabungkan ilmu seni manual dengan digital sehingga setelah lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di bidang periklanan, percetakan, penerbitan, dan ilustrator.

  1. Desain Produk

Majunya industri kreatif beberapa tahun belakangan ini membuat lulusan desain produk memiliki peluang karir yang patut dipertimbangkan. Coba untuk memperhatikan produk-produk dalam negeri yang memiliki bentuk dan kemasan unik pasti akan lebih cepat dilirik dan dikenal oleh masyarakat karena memiliki nilai jual lebih menarik. Cobalah untuk mengikuti lomba-lomba desain kreatif sehingga kamu bisa menambah pengalaman sebelum lulus kuliah.

  1. Desain Mode

Selain jurusan kuliah DKV dan desain produk, ada desain mode. Seperti yang kamu ketahui, industri fashion di Indonesia memang sedang berkembang pesat, baik itu fashion busana muslim hingga fashion yang memadukan kain-kain tradisional khas Indonesia. Selain itu, bisa mengembangkan bisnis dan karier di dalam negeri dan luar negeri. Peluang seperti ini tentunya harus kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan karier di bidang fashion.

  1. Teknik, Hukum dan Guru

Beragam profesional di bidang teknik (elektro, mesin, robotika dan lainnya) masih menjadi paling utama di perkembangan revolusi industri 4.0 sehingga masih diprediksi pertumbuhan 22% lebih untuk para insinyur di tahun 2012 baik dari jenjang sarjana maupun pascasarjana. Selain itu, diprediksi pula peningkatan kebutuhan 17,6% lebih banyak pengacara pada 2020, sehingga pilihan jurusan ilmu hukum di tingkat sarjana atau master masih sangat dibutuhkan nantinya. Hasil pemetaan yang menarik justru muncul dari permintaan profesional bidang pendidikan yang akan terus melampaui profesi lain pada tahun 2020. Permintaan untuk profesional pendidikan usia dini akan meningkat sebesar 27%, dan guru pendidikan sebesar 21%. Ternyata jurusan ilmu pendidikan akan menjadi trend baru di tahun-tahun mendatang.

  1. Kewirausahaan

Jurusan kuliah kewirausahaan atau yang lebih dikenal dengan nama entrepreneurship. Saat ini sudah banyak anak-anak muda yang sukses membangun bisnis startupnya. Pesatnya perkembangan startup ini memang diiringi dengan semakin majunya dunia teknologi. Jika dihitung, jumlah startup lokal yang ada di Indonesia bisa mencapai lebih dari 1.000 dan kebanyakan pendirinya adalah lulusan dari universitas dalam negeri. Keuntungan dari jurusan kewirausahaan ini yaitu kamu bisa langsung uji coba membuat usaha sendiri ketika masih duduk di bangku kuliah, karena jurusan ini lebih banyak prakteknya dibandingkan teori.

  1. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan jurusan yang luas dan ada beragam jenis pekerjaan yang tersedia, termasuk programming, virtual reality dan bahkan AI. Banyaknya kebutuhan di bidang ini terlihat dari 80% mahasiswa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

  1. Teknik Informatika

Teknik informatika yang nantinya akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan, karena teknologi akan semakin maju di masa depan. Jurusan teknik informatika ini akan mengajarkan kamu tentang pemrograman software, jaringan, website serta aplikasi. Ketika kamu memilih jurusan kuliah teknik informatika, pastikan dulu kalau dirimu sangat suka hitung-hitungan. Selain itu, sebagian besar mata kuliahnya mewajibkan kamu untuk mempelajari angka-angka. Semakin berkembangnya dunia digital akan membuka peluang kerja yang sangat luas bagi para lulusan teknik informatika untuk programer dengan gaji yang terbilang sangat besar.

  1. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Meningkatnya jumlah dan kepadatan populasi dunia mengiringi meningkatnya pula tenaga profesional bidang kesehatan, baik dokter maupun tenaga medis lain. Diprediksi 40% lebih banyak tenaga profesional layanan kesehatan fisik dan mental akan dibutuhkan pada 2020. Tidak hanya secara medis, peningkatan populasi juga ternyata membawa dampak dan pengaruh pada kesehatan mental sehingga sarjana dalam bidang psikologi juga akan meningkat kebutuhannya di masa mendatang.  Perubahan dalam masyarakat dunia ini membuat pilihan jurusan ilmu kesehatan dan juga psikologi memberikan jaminan pekerjaan di masa depan.

Sumber: kompas.com, halomoney.co.id dan hotcourses.co.id