10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Paling Bagus

Memilih jurusan program sarjana yang tepat merupakan suatu tantangan tersendiri, selain harus sesuai dengan minat, kamu juga harus memperhatikan apakah program sarjana yang kamu pilih banyak dibutuhkan di dunia kerja dan prospek kerjanya sangat luas atau tidak. Kurangnya informasi dan ketidaktahuan akan minat dan bakat yang dimiliki, serta propek kerja dari jurusan-jurusan yang ada di jenjang perguruan tinggi akan menyebabkan kamu salah memilih jurusan dan menyesal di kemudian hari. Maka dari itu ketahui dulu beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja paling bagus berikut ini.

 

  1. Kedokteran

 Meskipun jurusan kedokteran ini sangat mahal, tapi banyak sekali peminatnya dari tahun ke tahun. Jurusan kedokteran terbilang cukup stabil dalam perhitungan ekonominya. Selain itu, tenaga medis selalu dibutuhkan walaupun persaingannya sangat ketat. Peminat jurusan kedokteran akan semakin meningkat, jurusan ini selalu menjadi primadona di setiap universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Masalah pendapatan di dunia kedokteran terbilang sangat besar dan sangat menjanjikan, apalagi untuk di masa mendatang dimana jasa seorang dokter sangat dibutuhkan dimanapun.

 

  1. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum merupakan fakultas yang mempunyai mahasisiwa paling banyak di Indonesia. Menurut survey Higher Education Statistic Agency di Inggris, Hukum ini menempati peringkat ke 10 jurusan yang paling cepat bekerja. Kenapa harus memilih jurusan hukum? Karena hampir setiap perusahaan besar membutuhkan seorang legal officer, di sinilah tempat lulusan hukum bekerja dan menjadi bagian dari segala urusan perusahaan pastinya yang berhubungan dengan hukum. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali perusahaan yang pasti membutukan ahli-ahli dalam bidang hukum di dalamnya.

 

  1. Ilmu Komunikasi

Buat kamu yang berasal dari jurusan IPS, ada salah satu jurusan yang sangat menarik. Jurusan tersebut adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Mengapa sangat menarik? Karena para lulusan jurusan ini umumnya akan bekerja di industri kreatif yang sangat berkembang dan menjanjikan di jaman sekarang hingga masa mendatang. Untuk kedepannya akan sangat banyak sekali prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa di tempuh oleh lulusannya. Perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lain. Tren dan teknologi selalu berkembang tiada hentinya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah, sehingga ilmu ini tidak ujungnya dan peluang kerja selalu banyak dibutuhkan di masa mendatang.

 

  1. Psikologi

Jurusan Psikologi sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan mengurus orang-orang yang memiliki penyakit kejiwaan. Psikologi ini sebenarnya sangat luas sekali, karena ada psikologi klinis yang nantinya bisa menjadikan kamu seorang trapis, konselor psikologis. Selain itu, ada pula psikologi industri yang nantinya akan menjadikan kamu seorang konsultan perusahaan. Bagi kamu yang memiliki minat untuk kuliah di jurusan psikologi, tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi dengan perkembangan karir untuk kedepannya. Hampir semua perusahaan akan membutuhkan tenaga di bidang ini, terutama perusahaan-perusahaan berskala besar. Gaji seorang lulusan psikologi juga cukup tinggi.

 

  1. Ekonomi

Hampir di semua sektor bisnis dan usaha berhubungan dengan ekonomi. Hal ini karena jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Jurusan ekonomi juga menjadi fakultas yang paling diminati oleh sebagian besar calon dari berbagai penjuru daerah. Sarjana Ekonomi bisa dikatakan punya cakupan yang luas untuk memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuni hingga di masa mendatang. Salah satu bidang ekonomi yang juga banyak menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi yang mudah mendapat pekerjaan adalah jurusan Akuntansi. Bukan cuma ada divisi Finansial atau Akunting saja, Sarjana Ekonomi juga bahkan punya kesempatan untuk bisa bekerja di tim HRD. Kamu bisa melamar kerja dimana saja jika memiliki latar belakang Sarjana Ekonomi.

 

  1. Sastra Inggris

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang sangat menjanjikan dari macam-macam jurusan kuliah di Indonesia. Namun, jurusan yang satu ini masih sangat sedikit peminatnya. Padahal jurusan Sastra Inggris memiliki beberapa pekerjaan dengan nilai tinggi, khususnya sebagai penerjemah yang memiliki gaji cukup menarik. Selain menjadi penerjemah, para lulusan sastra inggris pun dapat bekerja sebagai guru ataupun dosen di Universitas. Dalam dunia bisnis para lulusan Sastra Inggris juga akan banyak dibutuhkan di bidang ekspor-impor. Untuk kamu yang mengambil jurusan Sastra Inggris, nantinya kamu juga bisa bekerja di kedutaan luar negeri loh.

 

  1. Teknik Kedirgantaraan dan Penerbangan

Perkembangan transportasi udara sangat pesat. Industri ini membutuhkan tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan pesawat menjadi lebih canggih. Di sinilah profesi lulusan teknik penerbangan dibutuhkan. Demi memberi kenyamanan bagi warga dunia, industri ini terus berinovasi. Lulusan dari jurusan teknik kedirgantaraan dan penerbangan ini memiliki masa depan yang cerah, karena gaji yang ditawarkan di atas rata-rata pekerjaan lainnya.

 

  1. Teknik Mesin

Peluang kerja teknik mesin ini sangat banyak dan akan terus bertambah hingga di masa mendatang. Teknik Mesin merupakan ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin,dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada. Di setiap harinya ada berbagai mesin yang digunakan untuk membantu kehidupan kita, seperti mesin pabrik, kendaraan motor, serta mesin yang bisa menjalankan dirinya sendiri (robot). Oleh karena itu, para lulusan teknik mesin ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan besar.

Sumber :

hotcourses.co.id

mamikos.com